kecilkan semua  

Teks -- Markus 1:1-45 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yohanes Pembaptis
1:1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. 1:2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; 1:3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya", 1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." 1:5 Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. 1:6 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 1:7 Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. 1:8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."
Yesus dibaptis Yohanes
1:9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. 1:10 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. 1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
Pencobaan di padang gurun
1:12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. 1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.
Yesus tampil di Galilea
1:14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, 1:15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"
Yesus memanggil murid-murid yang pertama
1:16 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 1:17 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." 1:18 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. 1:19 Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. 1:20 Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.
Yesus dalam rumah ibadat di Kapernaum
1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. 1:22 Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 1:23 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: 1:24 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah." 1:25 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!" 1:26 Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. 1:27 Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: "Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya." 1:28 Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.
Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus dan orang-orang lain
1:29 Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. 1:30 Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. 1:31 Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka. 1:32 Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. 1:33 Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. 1:34 Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.
Yesus mengajar di kota-kota lain
1:35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. 1:36 Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; 1:37 waktu menemukan Dia mereka berkata: "Semua orang mencari Engkau." 1:38 Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang." 1:39 Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.
Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
1:40 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." 1:41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir." 1:42 Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. 1:43 Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: 1:44 "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka." 1:45 Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Andreas the brother of Simon Peter
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Kapernaum a town located on the northwest shore of the Sea of Galilee.
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yordan the river that flows from Lake Galilee to the Dead Sea,a river that begins at Mt. Hermon, flows south through Lake Galilee and on to its end at the Dead Sea 175 km away (by air)
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai
 · Zebedeus the father of James and John, who were two of the twelve apostles


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Matius, Injil | Markus, Injil | Perbuatan Ajaib Yesus | Yohanes | Yohanes Pembaptis | Petrus | Andreas | Baptis, Baptisan | Mujizat Kristus | Sangkal, Penyangkalan Diri | Yakobus | Roh | Anak Allah | Yohanes (Rasul) | Kusta | Sungai Yordan | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Injil | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 1:4 - BERTOBATLAH. Nas : Mr 1:4 Lihat cat. --> Mat 3:2 [atau ref. Mat 3:2]

Nas : Mr 1:4

Lihat cat. --> Mat 3:2

[atau ref. Mat 3:2]

Full Life: Mrk 1:5 - SELURUH DAERAH YUDEA. Nas : Mr 1:5 Suatu kebangunan rohani yang umum di Yudea dan Galilea menyertai pelayanan Yohanes Pembaptis. Sebagai akibatnya berubahlah suasana roh...

Nas : Mr 1:5

Suatu kebangunan rohani yang umum di Yudea dan Galilea menyertai pelayanan Yohanes Pembaptis. Sebagai akibatnya berubahlah suasana rohani di antara rakyat jelata yang membantu menyiapkan jalan untuk penyataan penuh dari Allah di dalam Yesus Kristus, Anak-Nya yang telah menjelma.

Full Life: Mrk 1:8 - MEMBAPTIS KAMU DENGAN ROH KUDUS. Nas : Mr 1:8 Yohanes Pembaptis adalah orang pertama yang menyampaikan kabar baik tentang Yesus. Markus menyingkat pemberitaannya menjadi satu tema:...

Nas : Mr 1:8

Yohanes Pembaptis adalah orang pertama yang menyampaikan kabar baik tentang Yesus. Markus menyingkat pemberitaannya menjadi satu tema: pemberitahuan tentang Yesus Kristus yang akan datang dan membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus. Semua orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat harus mengabarkan bahwa Yesus tetap adalah Tuhan yang membaptis dalam Roh Kudus (lih. Kis 1:8; 2:4,38-39;

lihat cat. --> Luk 3:16,

[atau ref. Luk 3:16]

mengenai janji baptisan dalam Roh Kudus; Kis 1:5).

Full Life: Mrk 1:9 - YESUS ... DIBAPTIS. Nas : Mr 1:9 Lihat cat. --> Mat 3:13 [atau ref. Mat 3:13]

Nas : Mr 1:9

Lihat cat. --> Mat 3:13

[atau ref. Mat 3:13]

Full Life: Mrk 1:10 - ROH ... TURUN KE ATAS-NYA. Nas : Mr 1:10 Lihat cat. --> Mat 3:16 [atau ref. Mat 3:16]

Nas : Mr 1:10

Lihat cat. --> Mat 3:16

[atau ref. Mat 3:16]

Full Life: Mrk 1:11 - ANAK-KU YANG KUKASIHI. Nas : Mr 1:11 Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus (lihat cat. --> Mat 3:17). [atau ref. Mat 3:17] Di ...

Nas : Mr 1:11

Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus

(lihat cat. --> Mat 3:17).

[atau ref. Mat 3:17]

Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa, Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:19; 2Kor 13:14; Ef 4:4-6; 1Pet 1:2; Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)

(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

  1. 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu sifat dan hakikat (Mr 12:29; Ul 6:4; Gal 3:20). Salah satu oknum ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
  2. 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh Allah sendiri (lih. Kej 1:2; Yes 61:1; Yoh 14:16; 16:8,13; Kis 5:3-4; Rom 8:2,26-27; 1Kor 2:10-11; 2Tes 2:13; Ibr 9:14; dan

    lihat cat. --> Yoh 1:1;

    lihat cat. --> Yoh 1:14;

    lihat cat. --> Yoh 5:18;

    lihat cat. --> Yoh 20:28).

    [atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]

    Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang setingkat.
  3. 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:24; 1Kor 2:10).

Full Life: Mrk 1:13 - DICOBAI OLEH IBLIS. Nas : Mr 1:13 Lihat cat. --> Mat 4:1 [atau ref. Mat 4:1]

Nas : Mr 1:13

Lihat cat. --> Mat 4:1

[atau ref. Mat 4:1]

Full Life: Mrk 1:14 - INJIL ALLAH. Nas : Mr 1:14 Lihat cat. --> Mr 14:9 [atau ref. Mr 14:9]

Nas : Mr 1:14

Lihat cat. --> Mr 14:9

[atau ref. Mr 14:9]

Full Life: Mrk 1:15 - KERAJAAN ALLAH. Nas : Mr 1:15 Kristus datang untuk memberitakan dan menyempurnakan Kerajaan Allah. Inilah tema berita yang dibawa-Nya (Mat 4:17). Mengenai bentuk p...

Nas : Mr 1:15

Kristus datang untuk memberitakan dan menyempurnakan Kerajaan Allah. Inilah tema berita yang dibawa-Nya (Mat 4:17). Mengenai bentuk perwujudannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Kerajaan Allah ini:

  1. 1) Kerajaan itu di dalam Israel. Kerajaan pada zaman PL adalah tindakan penebusan Allah di dalam bangsa Israel agar mempersiapkan jalan bagi penyelamatan umat manusia

    (lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).

    Karena bangsa Israel menolak Yesus, sang Mesias, maka kerajaan itu diambil dari mereka

    (lihat cat. --> Mat 21:43).

    [atau ref. Mat 21:43]

  2. 2) Kerajaan itu di dalam Kristus. Kerajaan dan kuasanya hadir di dalam diri dan karya Yesus sang Raja (Luk 11:20).
  3. 3) Kerajaan itu di dalam gereja. Aspek ini meliputi perwujudan kuasa dan pemerintahan Allah di dalam hati dan kehidupan semua orang yang bertobat dan percaya Injil dewasa ini (Yoh 3:3,5; Rom 14:17; Kol 1:13). Kehadirannya disertai kuasa rohani yang besar, menentang kekuasaaan Iblis, dosa, dan kejahatan. Kerajaan Allah bukanlah suatu kerajaan yang bersifat politis atau jasmani, melainkan suatu kehadiran dan tindakan Allah yang penuh kuasa dan tegas di antara umat-Nya (lih. Mr 1:27; 9:1; dan

    lihat art. KERAJAAN ALLAH

    untuk memperoleh uraian yang terinci mengenai Kerajaan Allah pada zaman gereja).
  4. 4) Kerajaan itu dalam perwujudannya. Inilah Kerajaan Mesias yang diberitakan oleh para nabi (Mazm 89:37-38; Yes 11:1-9; Dan 7:13-14). Kristus akan memerintah di bumi selama seribu tahun (Wahy 20:4-6) dan gereja akan memerintah bersama Dia atas bangsa-bangsa (1Kor 6:2-3; 2Tim 2:12; Wahy 2:26-27;

    lihat cat. --> Wahy 20:4).

    [atau ref. Wahy 20:4]

  5. 5) Kerajaan itu dalam kekekalan. Kerajaan Mesias akan berakhir setelah seribu tahun dan Kerajaan Allah yang abadi akan didirikan di langit baru dan bumi baru (Wahy 21:1-4). Pusat dari bumi yang baru ini ialah kota yang kudus, Yerusalem baru (Wahy 21:9-11). Para penghuninya adalah orang-orang tertebus dari zaman PL (Wahy 21:12) dan PB (Wahy 21:14). Berkat terbesar yang mereka nikmati adalah bahwa mereka "akan melihat wajah-Nya" (Wahy 22:4; dan

    lihat cat. --> Wahy 21:1).

    [atau ref. Wahy 21:1]

Full Life: Mrk 1:17 - MARI, IKUTLAH AKU. Nas : Mr 1:17 Panggilan yang pertama kepada para murid ialah agar mereka mengikut Yesus serta mengenal Dia secara pribadi (Fili 3:8-10). Sebagai ak...

Nas : Mr 1:17

Panggilan yang pertama kepada para murid ialah agar mereka mengikut Yesus serta mengenal Dia secara pribadi (Fili 3:8-10). Sebagai akibat dari persekutuan ini, mereka harus memimpin orang lain agar mereka mengenal Yesus dan diselamatkan (bd. Ams 11:30; Dan 12:3; 1Kor 9:22).

Full Life: Mrk 1:27 - ROH-ROH JAHAT PUN ... TAAT KEPADA-NYA. Nas : Mr 1:27 Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN, untuk memperoleh ulasan mengenai ayat ini.

Nas : Mr 1:27

Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN,

untuk memperoleh ulasan mengenai ayat ini.

Full Life: Mrk 1:34 - MENGUSIR BANYAK SETAN. Nas : Mr 1:34 Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.

BIS: Mrk 1:1 - Anak Allah Dalam beberapa naskah kuno tidak ada Anak Allah.

Dalam beberapa naskah kuno tidak ada Anak Allah.

BIS: Mrk 1:4 - begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah, beberapa naskah kuno: demikianlah Yohanes Pembaptis muncul di padang gurun dan menyampaikan berita ...

begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah, beberapa naskah kuno: demikianlah Yohanes Pembaptis muncul di padang gurun dan menyampaikan berita dari Allah.

BIS: Mrk 1:32 - matahari terbenam matahari terbenam: Dengan terbenamnya matahari maka hari Sabat sudah berakhir, sehingga orang-orang Yahudi diperbolehkan bekerja lagi.

matahari terbenam: Dengan terbenamnya matahari maka hari Sabat sudah berakhir, sehingga orang-orang Yahudi diperbolehkan bekerja lagi.

BIS: Mrk 1:40 - berpenyakit kulit yang mengerikan berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat ...

berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat (lihat kamus).

BIS: Mrk 1:41 - kasihan kasihan: beberapa naskah kuno: marah.

kasihan: beberapa naskah kuno: marah.

Jerusalem: Mrk 1:1 - Injil Kata Arab-Indonesia ini melalui bahasa Etiopia diturunkan dari kata Yunani "eu-anggelion". Artinya: Kabar yang baik. Kabar yang baik, yang dimaksudkan...

Kata Arab-Indonesia ini melalui bahasa Etiopia diturunkan dari kata Yunani "eu-anggelion". Artinya: Kabar yang baik. Kabar yang baik, yang dimaksudkan dalam Perjanjian Baru, ialah kabar mengenai Kerajaan Allah yang datang, bdk Mat 4:17+. Kedatangan itu sudah disiapkan oleh Perjanjian Lama, Yes 40:9; Yes 52:7; Yes 61:1, tetapi dimaklumkan oleh Yesus yang "memberitakan Injil", Mat 4:23; Mat 9:35; Mar 1:14 dsj; Ia memberitakan "Injil Kerajaan Allah", Luk 4:43; Luk 8:1; bdk Luk 16:15, dan mengajak orang supaya percaya kepadanya, Mar 1:15; bdk Mat 8:10+; Rom 1:16+. Dalam diri Yesus Kerajaan itu sudah datang, Mat 11:5 dsj; Luk 4:18 dan Luk 4:21. Setelah Yesus wafat murid-muridnya akan membawa Injil kepada dunia seluruhnya, Mat 24:14 dsj; Mat 26:13 dsj; Mar 16:15; Kis 5:42+; Gal 2:7. Mula-mula Injil itu hanya diberitakan secara lisan (dalam kitab suci Injil tidak pernah berarti: kitab Injil); kemudian berangsur-angsur dituliskan dan akhirnya Kabar yang baik itu dibukukan dalam keempat injil yang kita miliki. Kata benda "Injil" yang tidak terdapat dalam Lukas, dalam Markus (dan Mat 26:13) merupakan sebuah istilah yang dipakai tanpa keterangan lebih lanjut. Dalam Matius dan Lukas (yang hanya memakai kata kerja: memberitakan Kabar yang baik, bdk Mat 1:19+, atau Injil) terjemahan Indonesia ini kadang-kadang menterjemahkan "Injil" dan kadang-kadang "Kabar yang baik". Barangkali terjemahan paling tepat ialah Kabar yang baik

Jerusalem: Mrk 1:1 - Anak Allah Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Jerusalem: Mrk 1:4 - tampil di padang gurun dan menyerukan Var: tampillah (Yohanes) sedang membaptis dan menyerukan baptisan pertobatan akan pengampunan dosa (atau:....menyerukan: Bertobatlah...)

Var: tampillah (Yohanes) sedang membaptis dan menyerukan baptisan pertobatan akan pengampunan dosa (atau:....menyerukan: Bertobatlah...)

Jerusalem: Mrk 1:6 - dan ikat pinggang kulit Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini, bdk Mat 3:4.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini, bdk Mat 3:4.

Jerusalem: Mrk 1:12-13 - -- Markus tidak berceritera dan barangkali tidak tahu akan ketiga percobaan yang dialami Yesus seperti diceritakan Matius dan Lukas. Kedua penginjil itu ...

Markus tidak berceritera dan barangkali tidak tahu akan ketiga percobaan yang dialami Yesus seperti diceritakan Matius dan Lukas. Kedua penginjil itu memungut cerita itu dari salah satu sumber lain. Binatang-binatang liar yang disebut Markus mengingatkan zaman Mesias sebagaimana dinubuatkan beberapa nabi: damai sejahtera Firdaus dipulihkan, Yes 11:6-9, zaman Mesias juga dihubungkan dengan padang gurun., Hos 2:16, sebab masa tinggalnya Israel di gurun dianggap masa bahagia dan baik, Amo 5:25; Hos 2:17; Hos 11:1-4; Hos 12:10; Yer 2:2-3. Malaikat-malaikat yang melayani Yesus melambangkan perlindungan dari pihak Allah, Maz 91:11-13 yang dikutip Mat 4:6 dsj.

Jerusalem: Mrk 1:15 - waktunya telah genap Dengan berkata tentang "kegenapan waktu" penginjil mengandaikan bahwa tahap-tahap rencana Allah bersambung, 1Ra 8:24; Wis 8:8; Kis 1:7+, dll. Diandaik...

Dengan berkata tentang "kegenapan waktu" penginjil mengandaikan bahwa tahap-tahap rencana Allah bersambung, 1Ra 8:24; Wis 8:8; Kis 1:7+, dll. Diandaikan pula bahwa orang tahu akan hal itu. Dengan dimulai tahap terakhir, Rom 3:26+; Ibr 1:2+ dll, sudah genaplah waktunya, Gal 4:4+; bdk 1Ko 10:11. Tidak hanya Kitab Suci, Mat 1:22+, dan hukum Taurat, Mat 5:17+, digenapi, tetapi juga seluruh tata penyelamatan lama yang oleh Allah dipimpin ke kepenuhannya, Mat 9:17; Mat 26:28+; Rom 10:4; 2Ko 3:14-15; Ibr 10:1,14, dll. Pada akhir tahap sejarah yang terakhir itu, 1Ko 10:11; 1Ti 4:1; 1Pe 1:5,20; 1Yo 2:18, yang adalah "zaman akhir" Ibr 9:26, tibalah "akhir zaman", Mat 13:40,49; Mat 24:3; Mat 28:20, ialah "Hari (Tuhan) itu", 1Ko 1:8+; bdk Amo 5:18, "hari pernyataanNya", 1Ko 1:7+, dan hari penghakiman, Rom 2:6+, bdk Maz 9:5

Jerusalem: Mrk 1:17 - Mari, ikutlah Aku Orang yang oleh Yesus dipanggil untuk mengikut Dia, Mat 1:20; Mat 2:14 dsj; Mat 19:21 dsj; Mat 19:27-28; Luk 9:57-62; bdk Ula 13:3,5; 1Ra 14:8; 1Ra 19...

Orang yang oleh Yesus dipanggil untuk mengikut Dia, Mat 1:20; Mat 2:14 dsj; Mat 19:21 dsj; Mat 19:27-28; Luk 9:57-62; bdk Ula 13:3,5; 1Ra 14:8; 1Ra 19:20; dll., harus meninggalkan segala sesuatu, Mat 10:21,28 dsj buat menjadi senasib dengan Yesus; merekapun harus siap menderita sengsara salib, Mat 10:38 dsj; Mat 16:24 dsj; bdk Yoh 12:24-26. Sehubungan dengan murid-murid yang tidak lagi langsung mengenal Yesus di dunia pikiran serupa terungkap dalam gagasan "persekutuan", Fili 3:10; Yoh 1:3+, dll, atau dalam gagasan "mengikut teladan" 2Te 3:7+.

Jerusalem: Mrk 1:23 - roh jahat Harafiah: roh najis. Begitulah oleh orang Yahudi disebut, bdk Zak 13:2, roh-roh yang tidak peduli akan kesucian keagamaan dan kesucian akhlak atau bah...

Harafiah: roh najis. Begitulah oleh orang Yahudi disebut, bdk Zak 13:2, roh-roh yang tidak peduli akan kesucian keagamaan dan kesucian akhlak atau bahkan menentangnya. Dan pengabdian Allah memang menuntut kesucian itu; lihat juga Mar 3:11,30, dll; Mat 10:1; Mat 12:43; Luk 4:33,36; dll.

Jerusalem: Mrk 1:24 - Apa urusanMu dengan kami Bdk Yoh 2:4+

Bdk Yoh 2:4+

Jerusalem: Mrk 1:24 - Engkau datang Kalimat ini dapat dibaca sebagai pertanyaan atau sebagai keterangan

Kalimat ini dapat dibaca sebagai pertanyaan atau sebagai keterangan

Jerusalem: Mrk 1:24 - Yang kudus dari Allah Allahlah yang menurut hakekatNya "kudus"; lalu segala sesuatunya yang berpautan dengan Allah dapat dikatakan "kudus", Ima 11:44-45; Ima 19:2; Yes 6:3,...

Allahlah yang menurut hakekatNya "kudus"; lalu segala sesuatunya yang berpautan dengan Allah dapat dikatakan "kudus", Ima 11:44-45; Ima 19:2; Yes 6:3, terutama Yesus yang berpautan dengan Allah sebagai AnakNya dan oleh karena dipilih menjadi Mesias, Mat 1:10 dst, dan diangkat menjadi kepala "umat orang-orang kudus", Dan 7:18, ialah jemaat orang-orang pilihan orang Kristen, Kis 9:13+. Bdk Luk 1:35; Luk 4:34; Yoh 6:69; Kis 3:14+; Kis 4:27,30; Wah 3:7.

Jerusalem: Mrk 1:27 - Apa ini Terjemahan lain: Itu dia suatu ajaran baru yang berwewenang, roh-roh jahatpun diperintahNya.

Terjemahan lain: Itu dia suatu ajaran baru yang berwewenang, roh-roh jahatpun diperintahNya.

Jerusalem: Mrk 1:34 - Ia tidak memperbolehkan Baik setan-setan, Mar 1:25,34; Mar 3:12, dan orang-orang yang disembuhkan, Mar 1:44; Mar 5:43; Mar 5:43; Mar 7:36; Mar 8:26, maupun para rasul Kis 8:3...

Baik setan-setan, Mar 1:25,34; Mar 3:12, dan orang-orang yang disembuhkan, Mar 1:44; Mar 5:43; Mar 5:43; Mar 7:36; Mar 8:26, maupun para rasul Kis 8:30; Kis 9:9, oleh Yesus dilarang memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias; larangan itu baru dicabut setelah Yesus wafat, Mar 10:27+. Di waktu itu orang banyak memikirkan Mesias sebagai pahlawan nasional dan pejuang; ini terlalu berbeda dengan pendapat Yesus tentang Mesias yang Ia jelmakan sendiri. Karenanya Yesus hati-hati sekali dalam memperkenalkan diri sebagai Mesias, paling sedikit di tanah Israel, bdk Mar 5:19, untuk menghindarkan salah paham tentang tugasNya, karena ini hanya menghalangi pelaksanaannya, bdk Yoh 6:15; Mat 13:13+. Larangan atau "rahasia Mesias" itu bukanlah hal yang baru kemudian dibayangkan oleh Markus, sebagaimana dikatakan oleh sementara ahli. Sebaliknya, keterangan-keterangan Markus itu sesuai dengan sikap Yesus sendiri selama hidupNya, meskipun Markus suka menonjolkannya. Dalam Lukas atau Matius (kecuali Mat 9:30) larangan itu hanya ditemukan dalam bagian-bagian yang sejalan Markus; dan dalam bagian-bagian ini Lukas dan Matius seringkali tidak menyebut-nyebut larangan itu.

Jerusalem: Mrk 1:38 - telah datang Harafiah: keluar. dalam konteksnya berarti: keluar dari Kapernaum, Mar 1:35. Tetapi barangkali ada arti lebih mendalam, sehingga apa yang dimaksudkan ...

Harafiah: keluar. dalam konteksnya berarti: keluar dari Kapernaum, Mar 1:35. Tetapi barangkali ada arti lebih mendalam, sehingga apa yang dimaksudkan ialah: keluar dari hadirat Allah, Yoh 8:42; Yoh 13:3; Yoh 16:27 dst, Yoh 16:30. Bdk Luk 4:43. Arti mendalam itu disarankan oleh terjemahan: Aku telah datang.

Ende: Mrk 1:1 - Kabar-gembira Istilah ini sudah sangat lazim digunakan sebagai terdjemahan "eu-anggelion" dalam bahasa Junani. Terdjemahan lurus sebenarnja "kabar-jang-baik", atau ...

Istilah ini sudah sangat lazim digunakan sebagai terdjemahan "eu-anggelion" dalam bahasa Junani. Terdjemahan lurus sebenarnja "kabar-jang-baik", atau kabar baik. Lebih lazim lagi dipergunakan istilah "Indjil", jang merupakan pendjelmaan bunji kata "eu-anggelion" dalam bahasa kita. Dalam pemakaian umum Indjil dapat berarti seluruh adjaran Jesus, seluruh adjaran Perdjandjian Baru, keempat karangan "Indjil" ataupun kutipan dari keempat karangan itu untuk dibatja didalam liturgi. Dalam pemakaian umum, kata "Indjil" tidak mengesankan kemesraan isinja, jang terang dalam ungkapan "Kabar-gembira". Sebab itu dimana segi "gembira" itu patut diinsafkan, seperti maksud Markus dengan istilahnja disini, maka kami terdjemahkan dengan istilah "kabar gembira" itu.

Ende: Mrk 1:1 - Kabar gembira Jesus Kristus dapat diartikan: Kabar mengenai Jesus Kristus, ataupun: jang dimaklumkan oleh Jesus Kristus.

dapat diartikan: Kabar mengenai Jesus Kristus, ataupun: jang dimaklumkan oleh Jesus Kristus.

Ende: Mrk 1:1 - Jesus Kristus Istilah "kristos" dalam bahasa Junani berarti "jang diurapi". Maksudnja; dalam Kitab Kudus jang diurapi atas nama Allah, mendjadi radja atau imam agun...

Istilah "kristos" dalam bahasa Junani berarti "jang diurapi". Maksudnja; dalam Kitab Kudus jang diurapi atas nama Allah, mendjadi radja atau imam agung. Sama pula artinja dengan kata bahasa Jahudi "Messiah". Didalam geredja purba "Kristus" mula-mula digunakan sebagai gelaran bagi Jesus, lama-kelamaan sebagai nama.

Ende: Mrk 1:2-3 - -- Tugas Joanes Pemandi ialah: menjiapkan hati orang Jahudi untuk kemudian rela menerima Kabar-gembira dan Keradjaan Allah jang dimaklumkan Jesus.

Tugas Joanes Pemandi ialah: menjiapkan hati orang Jahudi untuk kemudian rela menerima Kabar-gembira dan Keradjaan Allah jang dimaklumkan Jesus.

Ende: Mrk 1:9 - Jesus dipermandikan Peristiwa ini melambangkan bahwa Jesus sebagai wakil segenap umat manusia berdosa, memuat diatas punggungNja segala dosa manusia, untuk menghapuskannj...

Peristiwa ini melambangkan bahwa Jesus sebagai wakil segenap umat manusia berdosa, memuat diatas punggungNja segala dosa manusia, untuk menghapuskannja dalam permandianNja. Tetapi sebenarnja bukan permandian dalam air jang hanja lambang itu, melainkan dalam permandian sengsaraNja kelak. Bandingkanlah utjapan Jesus dalam Mar 10:38. Peristiwa selandjutnja dapat dipandang sebagai pelantikan resmi Jesus sebagai "Mesias" untuk muntjul melaksanakan rentjana Allah menjelamatkan umat manusia. Ia setjara njata diperkenalkan sebagai penuh dengan Roh Allah dan kekuasaan Ilahi.

Ende: Mrk 1:23 - Roh djahat Mereka ini dianggap kurang lebih sebagai anak buah "setan". "Setan" lebih dipandang sebagai si pendjahat mutlak dan pokok segala dosa sedangkan roh-ro...

Mereka ini dianggap kurang lebih sebagai anak buah "setan". "Setan" lebih dipandang sebagai si pendjahat mutlak dan pokok segala dosa sedangkan roh-roh djahat jang lain lebih menjebabkan penjakit-penjakit, kegilaan dan tjelaka-tjelaka djasmani jang lain. Tetapi pembedaan antara "setan" dan "roh-roh djahat" ini tidak selalu terang.

Ende: Mrk 1:34 - Tidak membiarkan Itu tentu sebab orang belum matang, untuk menerima Jesus sebagai Mesias.

Itu tentu sebab orang belum matang, untuk menerima Jesus sebagai Mesias.

Ende: Mrk 1:40 - Membersihkan Terdjemahan lebih tepat ialah "mentahirkan". Lih. Tjatatan pada Mat 8:1-4.

Terdjemahan lebih tepat ialah "mentahirkan". Lih. Tjatatan pada Mat 8:1-4.

Ende: Mrk 1:44 - Apa jang diwadjibkan oleh Moses jaitu dalam (Mos. III) Ima 14:2.

jaitu dalam (Mos. III) Ima 14:2.

Ref. Silang FULL: Mrk 1:1 - Anak Allah · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:2 - mempersiapkan jalan · mempersiapkan jalan: Mal 3:1; Mat 11:10; Luk 7:27

· mempersiapkan jalan: Mal 3:1; Mat 11:10; Luk 7:27

Ref. Silang FULL: Mrk 1:3 - jalan bagi-Nya · jalan bagi-Nya: Yes 40:3; Yoh 1:23

· jalan bagi-Nya: Yes 40:3; Yoh 1:23

Ref. Silang FULL: Mrk 1:4 - Yohanes Pembaptis // Bertobatlah // mengampuni dosamu · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1 · Bertobatlah: Mr 1:8; Yoh 1:26,33; Kis 1:5,22; 11:36; 13:24; 18:25; 19:3,4 · mengampuni do...

· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· Bertobatlah: Mr 1:8; Yoh 1:26,33; Kis 1:5,22; 11:36; 13:24; 18:25; 19:3,4

· mengampuni dosamu: Luk 1:77

Ref. Silang FULL: Mrk 1:6 - ikat pinggang // makanannya belalang · ikat pinggang: 2Raj 1:8 · makanannya belalang: Im 11:22

· ikat pinggang: 2Raj 1:8

· makanannya belalang: Im 11:22

Ref. Silang FULL: Mrk 1:7 - membuka tali · membuka tali: Kis 13:25

· membuka tali: Kis 13:25

Ref. Silang FULL: Mrk 1:8 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yes 44:3; Yoel 2:28; Yoh 1:33; Kis 1:5; 2:4; 11:16; 19:4-6

Ref. Silang FULL: Mrk 1:9 - dari Nazaret // oleh Yohanes · dari Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23 · oleh Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1

· dari Nazaret: Mat 2:23; [Lihat FULL. Mat 2:23]

· oleh Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:10 - burung merpati · burung merpati: Yoh 1:32

· burung merpati: Yoh 1:32

Ref. Silang FULL: Mrk 1:11 - Engkaulah Anak-Ku // Aku berkenan · Engkaulah Anak-Ku: Mat 3:17; Mat 3:17 · Aku berkenan: Mat 3:17; Mat 3:17

· Engkaulah Anak-Ku: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

· Aku berkenan: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:13 - puluh hari // oleh Iblis · puluh hari: Kel 24:18; 1Raj 19:8 · oleh Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10; Ibr 4:15

· puluh hari: Kel 24:18; 1Raj 19:8

· oleh Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]; Ibr 4:15

Ref. Silang FULL: Mrk 1:14 - Sesudah Yohanes // ke Galilea // Injil Allah · Sesudah Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1 · ke Galilea: Mat 4:12 · Injil Allah: Mat 4:23

· Sesudah Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· ke Galilea: Mat 4:12

· Injil Allah: Mat 4:23

Ref. Silang FULL: Mrk 1:15 - telah genap // dan percayalah // kepada Injil · telah genap: Rom 5:6; Gal 4:4; Ef 1:10 · dan percayalah: Yoh 3:15; Yoh 3:15 · kepada Injil: Kis 20:21

· telah genap: Rom 5:6; Gal 4:4; Ef 1:10

· dan percayalah: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

· kepada Injil: Kis 20:21

Ref. Silang FULL: Mrk 1:18 - mengikuti Dia · mengikuti Dia: Mat 4:19; Mat 4:19

· mengikuti Dia: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:21 - dan mengajar · dan mengajar: Mr 1:39; Mat 4:23; Mat 4:23; Mr 10:1; Mr 10:1

· dan mengajar: Mr 1:39; Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]; Mr 10:1; [Lihat FULL. Mr 10:1]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:22 - ahli-ahli Taurat · ahli-ahli Taurat: Mat 7:28,29; Mat 7:28; Mat 7:29

· ahli-ahli Taurat: Mat 7:28,29; [Lihat FULL. Mat 7:28]; [Lihat FULL. Mat 7:29]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:24 - dengan kami // orang Nazaret // dari Allah · dengan kami: Mat 8:29; Mat 8:29 · orang Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23; Luk 24:19; Yoh 1:45,46; Kis 4:10; 24:5 · dari Allah: Mazm ...

· dengan kami: Mat 8:29; [Lihat FULL. Mat 8:29]

· orang Nazaret: Mat 2:23; [Lihat FULL. Mat 2:23]; Luk 24:19; Yoh 1:45,46; Kis 4:10; 24:5

· dari Allah: Mazm 16:10; Yes 41:14,16,20; Luk 1:35; Yoh 6:69; Kis 3:14; 1Yoh 2:20

Ref. Silang FULL: Mrk 1:25 - dari padanya · dari padanya: Mr 1:34

· dari padanya: Mr 1:34

Ref. Silang FULL: Mrk 1:26 - sambil menjerit · sambil menjerit: Mr 9:20

· sambil menjerit: Mr 9:20

Ref. Silang FULL: Mrk 1:27 - semua takjub · semua takjub: Mr 10:24,32

· semua takjub: Mr 10:24,32

Ref. Silang FULL: Mrk 1:28 - di seluruh · di seluruh: Mat 9:26; Mat 9:26

· di seluruh: Mat 9:26; [Lihat FULL. Mat 9:26]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:29 - rumah ibadat · rumah ibadat: Mr 1:21,23

· rumah ibadat: Mr 1:21,23

Ref. Silang FULL: Mrk 1:31 - membangunkan dia · membangunkan dia: Luk 7:14; Luk 7:14

· membangunkan dia: Luk 7:14; [Lihat FULL. Luk 7:14]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:32 - kerasukan setan · kerasukan setan: Mat 4:24; Mat 4:24

· kerasukan setan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:34 - bermacam-macam penyakit // mengenal Dia · bermacam-macam penyakit: Mat 4:23; Mat 4:23 · mengenal Dia: Mr 3:12; Kis 16:17,18

· bermacam-macam penyakit: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]

· mengenal Dia: Mr 3:12; Kis 16:17,18

Ref. Silang FULL: Mrk 1:35 - dan berdoa · dan berdoa: Luk 3:21; Luk 3:21

· dan berdoa: Luk 3:21; [Lihat FULL. Luk 3:21]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:38 - telah datang · telah datang: Yes 61:1

· telah datang: Yes 61:1

Ref. Silang FULL: Mrk 1:39 - rumah-rumah ibadat // mengusir setan-setan · rumah-rumah ibadat: Mat 4:23; Mat 4:23 · mengusir setan-setan: Mat 4:24; Mat 4:24

· rumah-rumah ibadat: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]

· mengusir setan-setan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 1:40 - sambil berlutut · sambil berlutut: Mr 10:17

· sambil berlutut: Mr 10:17

Ref. Silang FULL: Mrk 1:44 - kepada siapapun // kepada imam // untuk pentahiranmu · kepada siapapun: Mat 8:4; Mat 8:4 · kepada imam: Im 13:49 · untuk pentahiranmu: Im 14:1-32

· kepada siapapun: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]

· kepada imam: Im 13:49

· untuk pentahiranmu: Im 14:1-32

Ref. Silang FULL: Mrk 1:45 - di tempat-tempat // segala penjuru · di tempat-tempat: Luk 5:15,16 · segala penjuru: Mr 2:13; Luk 5:17; Yoh 6:2

· di tempat-tempat: Luk 5:15,16

· segala penjuru: Mr 2:13; Luk 5:17; Yoh 6:2

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 1:1-8 - Pelayanan Yohanes Pembaptis Penceritaan Markus tidak diawali dari kelahiran Juruselamat kita seperti yang dilakukan Matius dan Lukas, melainkan dari baptisan Yohanes, dan dar...

Matthew Henry: Mrk 1:9-13 - Pembaptisan Yesus Pembaptisan Yesus (1:9-13) Di perikop ini diceritakan secara singkat mengenai baptisan dan pencobaan Kristus, yang banyak berkaitan dengan Matius 3...

Matthew Henry: Mrk 1:14-22 - Awal Pelayanan Kristus Awal Pelayanan Kristus (1:14-22) Di sini terdapat: I. Gambaran umum mengenai pengajaran Kristus di Galilea. Hanya Yohanes yang memberikan lapor...

Matthew Henry: Mrk 1:23-28 - Roh-roh Jahat Diusir Roh-roh Jahat Diusir (1:23-28) Begitu mulai berkhotbah, Kristus melakukan mujizat-mujizat untuk meneguhkan pengajaran-Nya. Berbagai mujizat itu mem...

Matthew Henry: Mrk 1:29-39 - Kristus Menyembuhkan Banyak Orang Sakit Kristus Menyembuhkan Banyak Orang Sakit (1:29-39) Dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang: I. Sebuah mujizat yang dilakukan Kristus, yaitu peny...

Matthew Henry: Mrk 1:40-45 - Kesembuhan Seorang yang Sakit Kusta Kesembuhan Seorang yang Sakit Kusta (1:40-45) Di sini diceritakan tentang Kristus yang menyembuhkan seorang yang sakit kusta, yang telah kita baca ...

SH: Mrk 1:1-8 - Yohanes Pembaptis (Senin, 13 Januari 2003) Yohanes Pembaptis Dengan mengutip kitab Perjanjian Lama, Markus memberi indikasi bahwa kedatangan Yesus sudah dinantikan sejak lama. Tanda-tanda...

SH: Mrk 1:1-8 - Menyambut kedatangan Kristus (Sabtu, 27 Desember 2008) Menyambut kedatangan Kristus Setiap kisah pasti memiliki permulaan. Untuk permulaan Injil yang dia tulis, Markus memuat kisah pelayanan Yohanes ...

SH: Mrk 1:1-8 - Kristus yang terutama (Senin, 2 Januari 2012) Kristus yang terutama Pelayanan Yohanes Pembaptis telah dinubuatkan di dalam Perjanjian Lama oleh nabi Maleakhi dan nabi Yesaya (2-3, bdk. Mal. 3:1; ...

SH: Mrk 1:1-8 - Melayani dengan Kerendahan Hati (Jumat, 1 Januari 2016) Melayani dengan Kerendahan Hati Seorang penyair dan apologet Kristen yang bernama C.S. Lewis pernah berkata, "Kerendahan hati yang sejati bukanlah me...

SH: Mrk 1:1-8 - Yohanes Pembaptis (Sabtu, 6 Januari 2018) Yohanes Pembaptis Berbeda dengan penginjil lain-yang langsung bicara soal Yesus-Markus menceritakan tentang pribadi lain. Orang itu adalah Yohanes Pe...

SH: Mrk 1:1-8 - Ingatlah, Kita Hanya Utusan! (Sabtu, 6 Januari 2024) Ingatlah, Kita Hanya Utusan! Injil Markus dibuka bukan dengan kelahiran Yesus, tetapi kemunculan Yohanes Pembaptis. Ialah tokoh yang mendahului kedat...

SH: Mrk 1:4 - Pengampunan Dosa (Sabtu, 28 Maret 2009) Pengampunan Dosa Pengalaman apa yang paling memberikan dampak lepas, lega secara emosional-spiritual dalam kehidupan kita? Sebaliknya perasaan ...

SH: Mrk 1:8 - Kelahiran Baru (Sabtu, 14 Maret 2009) Kelahiran Baru Anda tahu hukum gravitasi bumi? Lemparkan apa saja ke udara, pasti benda itu akan jatuh kembali. Hanya jika dalam suatu benda ata...

SH: Mrk 1:9-13 - Awal pelayanan Yesus (Selasa, 14 Januari 2003) Awal pelayanan Yesus Yesus menjumpai Yohanes untuk dibaptis. Apakah Yesus berdosa seperti lainnya? Tidak. Ketika Yohanes membaptis manusia lainn...

SH: Mrk 1:9-13 - Baptisan dan pencobaan (Minggu, 28 Desember 2008) Baptisan dan pencobaan Yohanes menawarkan baptisan pertobatan bagi orang-orang yang mau diampuni dosanya. Banyak orang yang merespons panggilan ...

SH: Mrk 1:9-13 - Dibaptis lalu dicobai (Selasa, 3 Januari 2012) Dibaptis lalu dicobai Yohanes Pembaptis menyerukan pertobatan dan baptisan sebagai tanda pertobatan. Namun pembaptisan Yesus bukan merupakan tanda pe...

SH: Mrk 1:9-15 - Peneguhan Pelayanan (Sabtu, 2 Januari 2016) Peneguhan Pelayanan Bacaan hari ini mencakup tiga peristiwa sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya di dunia, yaitu pembaptisan-Nya, pencobaan di padang ...

SH: Mrk 1:9-11 - Diperkenan Allah (Minggu, 7 Januari 2018) Diperkenan Allah Tampilnya Yesus di dunia ini dari awal hingga akhir memperlihatkan kesederhanaan. Tempat lahir yang tidak layak, kehidupan-Nya yang ...

SH: Mrk 1:9-11 - Ikuti Teladan Yesus! (Minggu, 7 Januari 2024) Ikuti Teladan Yesus! Melakukan kehendak Allah merupakan tantangan bagi kita manusia yang hidup di tengah godaan dosa. Namun, kita juga adalah manusia...

SH: Mrk 1:12-13 - Tahan Digoda? (Senin, 8 Januari 2018) Tahan Digoda? Apa saja godaan yang menerpa manusia? Umum yang kita dengar adalah harta, takhta, dan wanita. Dari dahulu hingga kini, bahkan untuk set...

SH: Mrk 1:12-13 - Keindahan Padang Gurun (Senin, 8 Januari 2024) Keindahan Padang Gurun Padang gurun adalah tempat yang sunyi dan tandus. Hampir tidak ada kehidupan di sana. Lazimnya, padang gurun dijauhi karena te...

SH: Mrk 1:14-20 - Yesus berkhotbah dan memanggil murid-murid (Rabu, 15 Januari 2003) Yesus berkhotbah dan memanggil murid-murid Narasi ini menceritakan dua hal penting yang dilakukan Yesus, yaitu berkhotbah dan memanggil murid-mu...

SH: Mrk 1:14-20 - Ikutlah Aku (Senin, 29 Desember 2008) Ikutlah Aku Yesus memulai pelayanan-Nya setelah Yohanes menyelesaikan tugas yang Allah berikan kepada dia. Tugas Yohanes sebagai orang yang ...

SH: Mrk 1:14-20 - Pencobaan berlalu, tugas dimulai (Rabu, 4 Januari 2012) Pencobaan berlalu, tugas dimulai Markus menandai bahwa pelayanan Yesus dimulai sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap (14). Apa yang dialami Yohanes Pem...

SH: Mrk 1:14-15 - Panggilan Pertobatan (Selasa, 9 Januari 2018) Panggilan Pertobatan Ketika seorang pencuri berpikir untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya, seorang pembohong jera dan bertekad untuk berlaku dan ...

SH: Mrk 1:14-15 - Inti Kehadiran Yesus (Selasa, 9 Januari 2024) Inti Kehadiran Yesus Orang Yahudi meyakini bahwa "TUHAN memerintah kekal selama-lamanya." (Kel. 15:18). Pemerintahan Allah akan melepaskan umat-Nya d...

SH: Mrk 1:16-20 - Menjadi Penjala Manusia (Senin, 4 Januari 2016) Menjadi Penjala Manusia Andai kita berkesempatan memilih orang-orang yang akan menjadi bawahan kita, kira-kira orang seperti apa yang kita pilih? Umu...

SH: Mrk 1:16-20 - Pilihlah Aku (Rabu, 10 Januari 2018) Pilihlah Aku Kehidupan kita mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga kembali tidur di malam hari tidak terlepas dari kata memilih. Memilih bangun ...

SH: Mrk 1:16-20 - Pilihan Sang Guru (Rabu, 10 Januari 2024) Pilihan Sang Guru Dalam tradisi Yahudi, seorang rabi tidak pernah menunjuk langsung muridnya. Sebaliknya, muridlah yang mendatangi sang rabi. Ia haru...

SH: Mrk 1:21-28 - Hanya sekadar takjub? (Kamis, 16 Januari 2003) Hanya sekadar takjub? Sudah merupakan kebiasaan Yesus -- seperti orang Yahudi lainnya -- untuk beribadat di sinagoge atau rumah    ibadat. Di rumah...

SH: Mrk 1:21-28 - Jangan hanya takjub (Selasa, 30 Desember 2008) Jangan hanya takjub Setelah memanggil murid-murid-Nya, Yesus mengajak mereka ke rumah ibadah. Di sana Yesus mengajar dan terlihat berkuasa. Kita...

SH: Mrk 1:21-28 - Otoritas Sang Hamba Allah (Kamis, 5 Januari 2012) Otoritas Sang Hamba Allah Markus tidak memberitahu isi pengajaran Yesus dalam bagian ini, tetapi dia mencatat kesan para pendengar Yesus. Disebutkan ...

SH: Mrk 1:21-28 - Takjub dan Taat (Selasa, 5 Januari 2016) Takjub dan Taat Semasa hidup, kita mungkin memiliki orang-orang tertentu yang dikagumi. Mungkin karena ketenarannya, kehebatannya, kebaikannya atau k...

SH: Mrk 1:21-28 - Takjub! Aku akan Memberitakannya Terus (Kamis, 11 Januari 2018) Takjub! Aku akan Memberitakannya Terus Pernahkah kita merasa salut? Takjub? Biasanya karena apa? Apakah karena di luar pemikiran kita? Di luar kemamp...

SH: Mrk 1:21-28 - Yang Kudus dari Allah (Kamis, 11 Januari 2024) Yang Kudus dari Allah Teks bacaan hari ini memiliki struktur penulisan yang menarik. Ada dua peristiwa yang saling terhubung dalam narasi ini. Perta...

SH: Mrk 1:22 - Yesus sebagai Nabi (Sabtu, 21 Februari 2009) Yesus sebagai Nabi Siapakah nabi itu? Seperti apa penampilannya? Mengapa perannya penting? Masihkah kita membutuhkan nabi untuk zaman modern ini...

SH: Mrk 1:29-39 - Pelayanan dan doa (Jumat, 17 Januari 2003) Pelayanan dan doa Dalam pelayanan-Nya, Yesus tidak hanya mengajar banyak orang. Yesus juga menyembuhkan banyak orang, termasuk ibu mertua Simon,...

SH: Mrk 1:29-45 - Cari dulu kehendak Tuhan (Rabu, 31 Desember 2008) Cari dulu kehendak Tuhan Popularitas disukai banyak orang. Seorang artis baru akan melakukan banyak cara agar dia bisa populer dan menjadi laris...

SH: Mrk 1:29-34 - Waktu Hamba Allah: melayani (Jumat, 6 Januari 2012) Waktu Hamba Allah: melayani Bagi orang yang terlibat pelayanan gereja, hari Minggu biasanya justru sibuk dan melelahkan. Karena setelah ibadah, akan ...

SH: Mrk 1:29-34 - Tuhan Penyembuh Kita (Rabu, 6 Januari 2016) Tuhan Penyembuh Kita Setiap kita punya pergumulan yang berbeda-beda. Ada yang bergumul soal nafkah sehari-hari, biaya pendidikan, relasi, pergaulan, ...

SH: Mrk 1:29-34 - Bagi Tuhan Tidak Ada yang Mustahil (Jumat, 12 Januari 2018) Bagi Tuhan Tidak Ada yang Mustahil Syair lagu "Bagi Tuhan tak ada yang mustahil, bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin" sering kali menjadi penyemangat...

SH: Mrk 1:29-34 - Melayani Yesus (Jumat, 12 Januari 2024) Melayani Yesus Berita akan kuasa Yesus dengan cepat tersebar di seluruh Galilea, dan dampaknya tidak mengejutkan. Penduduk kota membawa orang-orang ...

SH: Mrk 1:35-39 - Prioritas Hamba Allah: berdoa (Sabtu, 7 Januari 2012) Prioritas Hamba Allah: berdoa Dalam bacaan kemarin kita melihat bagaimana Yesus begitu sibuk melayani Allah dan manusia. Mulai saat ia mengajar di Ba...

SH: Mrk 1:35-39 - Doa dan Kerja (Kamis, 7 Januari 2016) Doa dan Kerja Ignatius dari Loyola pernah menuliskan, "Berdoalah seperti segalanya bergantung kepada Allah, dan bekerjalah seperti segalanya bergantu...

SH: Mrk 1:35-39 - Bangunlah dan Berdoalah (Sabtu, 13 Januari 2018) Bangunlah dan Berdoalah Sering kali kita mendengar kalimat yang berbunyi seperti ini: "Ayo bangun pagi, jangan kesiangan... nanti rezekimu dipatok ay...

SH: Mrk 1:35-39 - Menyisih (Sabtu, 13 Januari 2024) Menyisih Pada hari sebelumnya, Yesus baru saja melakukan pelayanan panjang dengan menyembuhkan orang-orang yang sakit dan kerasukan setan. Kemudian, ...

SH: Mrk 1:38 - Yesus sebagai Nabi (Sabtu, 21 Februari 2009) Yesus sebagai Nabi Siapakah nabi itu? Seperti apa penampilannya? Mengapa perannya penting? Masihkah kita membutuhkan nabi untuk zaman modern ini...

SH: Mrk 1:40-45 - Menentang tradisi (Sabtu, 18 Januari 2003) Menentang tradisi Pada masa Yesus hidup, sudah merupakan tradisi bila orang yang berpenyakit kusta diasingkan masyarakat. Selain takut tertular ...

SH: Mrk 1:40-45 - Maksud baik yang tidak baik (Senin, 9 Januari 2012) Maksud baik yang tidak baik Berdasarkan peraturan agama Yahudi, orang kusta dianggap tidak tahir. Orang kusta dalam bacaan hari ini meminta kepada Ye...

SH: Mrk 1:40-45 - Kalau Engkau Mau... (Jumat, 8 Januari 2016) Kalau Engkau Mau... Beberapa tahun belakang ini muncul fenomena doa "mengklaim" janji Tuhan. Model doa ini terkesan seperti "memaksa" Tuhan. Ironisny...

SH: Mrk 1:40-45 - Kalau Engkau Mau (Minggu, 14 Januari 2018) Kalau Engkau Mau Seorang yang berpenyakit kusta datang kepada Yesus dan berlutut di hadapan-Nya. Orang kusta itu memohon bantuan-Nya, "Kalau Engkau m...

SH: Mrk 1:40-45 - Berkuasa dan Bersedia (Minggu, 14 Januari 2024) Berkuasa dan Bersedia Salah satu penyakit yang mengerikan dan mudah menular adalah penyakit kulit yang menajiskan. Orang yang mengalaminya harus bert...

Utley: Mrk 1:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:11 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Mr 1:1 ―Permulaan Apakah frasa pendahuluan ini merujuk...

Utley: Mrk 1:2-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:2-82 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "LIHATLAH, AKU MENYURUH UTUSAN-KU MENDAHULUI ENGKAU, IA AKAN MEMPERSIAP...

Utley: Mrk 1:9-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:9-119 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yoh 10 Pada saat...

Utley: Mrk 1:12-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:12-1312 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. 13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, d...

Utley: Mrk 1:14-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:14-1514 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, 15 kata-Nya: "Waktunya telah genap;...

Utley: Mrk 1:16-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:16-2016 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang me...

Utley: Mrk 1:21-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:21-2821 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. 22 Mere...

Utley: Mrk 1:29-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:29-3129 Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. 30 Ibu mertua...

Utley: Mrk 1:32-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:32-3432 Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang keras...

Utley: Mrk 1:35-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:35-3935 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di ...

Utley: Mrk 1:40-45 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 1:40-4540 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: ...

Topik Teologia: Mrk 1:1 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Yesus Kristus Mar 1:1 Yoh 1:17 Yoh 17:3 Kis 4:10 Kis 16:18 1Ko 1:2,30 1K...

Topik Teologia: Mrk 1:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Mrk 1:7 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Seorang yang Akan Membaptis dengan Roh Kudus Mar 1:7-8 Pekerjaan-Pek...

Topik Teologia: Mrk 1:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Seorang yang Akan Membaptis dengan Roh Kudus Mar 1:7-8 Roh Kudus ...

Topik Teologia: Mrk 1:9 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Bentuk-bentuk Baptisan Baptisan Melalui Penyelaman dalam Air Mat 3...

Topik Teologia: Mrk 1:12 - -- Roh Kudus Roh yang Disebut Roh Bil 11:17,25 1Ta 12:18 Yes 32:15 Yeh 2:2 Yeh 8:3 Mar 1:12 Yoh 7:39 Kis 11:28 Kis 20:22 Kis 2...

Topik Teologia: Mrk 1:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dan Kehidupan Kristus Roh dan Yesus pada Masa Pelayanan Umum-Nya Roh di dalam Pencobaan Yesus Mar...

Topik Teologia: Mrk 1:14 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 11:5 Mar 1:14 Luk 4:14-21 Luk 8:1 Keilahian Kristus Dia Prihatin terhadap N...

Topik Teologia: Mrk 1:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Dia Prihatin terhadap Nasib Kekal Manusia Mat 6:33 Mar 1:14-15 Mar 2:17 Luk 15:7 Luk 24...

Topik Teologia: Mrk 1:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain Kej 6:22 ...

Topik Teologia: Mrk 1:23 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 1:24 - -- Yesus Kristus Kekudusan Mar 1:24 Luk 1:35 Yoh 6:69 Kis 3:14 Kis 4:27 Ibr 4:15 Ibr 7:26 1Pe 2:22 Wah 3:7 Yang Kudus ...

Topik Teologia: Mrk 1:25 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 1:27 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Hak-hak Alla...

Topik Teologia: Mrk 1:32 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Melakukan Hal-hal untuk Orang Lain Dia Prih...

Topik Teologia: Mrk 1:34 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Melakukan Hal-hal untuk Orang Lain Dia Prih...

Topik Teologia: Mrk 1:35 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: Mrk 1:38 - -- Yesus Kristus Yesus Datang untuk Menyatakan Allah Mar 1:14 Mar 1:38 Luk 10:2 Luk 14:7-11,23-24 Yoh 5:17 Yoh 6:38 Yoh 7:16-1...

Topik Teologia: Mrk 1:39 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Sangat Cerdas Dia Seorang Pengkhotbah...

Topik Teologia: Mrk 1:44 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas T...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 1.29 detik
dipersembahkan oleh YLSA